Info Sindo
Info Sindo
Tampak Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto Saat Mengecek Tandon Air Yang Akan Dibagikan Ke 1400 Masjid Yang Ada Di Probolinggo, Jum’at 28 Desember 2018

Probolinggo, Infosindo.com -Sebanyak 1.400 masjid di Kabupaten Probolinggo mendapat bantuan berupa tandon air dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur. Untuk tahap awal, bantuan diberikan kepada 47 masjid, sisanya akan disalurkan secara bertahap.

Salah satu masjid yang mendapatkan bantuan adalah masjid Amanullah yang terletak di Mapolres Probolinggo. Mustahsyar PCNU Kabupaten Probolinggo, Hasan Aminuddin, didaulat untuk menyerahkan bantuan tersebut kepada Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto, pada Jum’at (28/12/2018).

Dalam penyerahan yang disaksikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo itu, Hasan mengatakan, bantuan tandon diberikan agar warga di sekitar masjid termotivasi untuk datang ke masjid dan menunaikan kewajibannya, yakni sholat 5 waktu.

“Sholat lima waktu itu merupakan sebuah kewajiban, bukan sunnah. Sekarang tidak ada alasan lagi tetangga masjid tidak ke masjid karena sulit untuk berwudhu,” kata Mantan Bupati Probolinggo ini.

Hasan melanjutkan, pembagian 1.400 tandon air dengan kapasitas 2.000 liter air yang bisa digunakan berwudhu’ untuk 1.000 orang itu, akan dibagikan secara bertahap. Saat ini, baru 47 unit tandon yang disalurkan.

“Untuk masjid-masjid yang belum mendapatkan tandon, maka akan diberikan di tahap berikutnya, menyusul. Saat ini hanya 47 tandon yang diberikan dan langsung bisa dimanfaatkan,” imbuhnya.

Bantuan itu, menurut Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurnianto sangat bermanfaat untuk mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Masjid Amanullah, jelas Eddwi selama ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar. “Masjid ini juga untuk masyarakat umum,” tandasnya.