Info Sindo
Info Sindo

TERNATE, Infosindo.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate mengadakan upacara yang bertempat di aula Kantor Basarnas Ternate, Sabtu (8/12/18).

Perayaan HUT DWP kali ini, mengusung tema sentral “Optimalisasi Potensi DWP Untuk Sukses Pembangunan Nasional“ itu, dimulai pada pukul 10.00 WIT dan dihadiri oleh seluruh anggota pengurus DWP, pejabat dan pegawai Kantor Basarnas Ternate.

Berdasarkan rilis yang diterima redaksi Infosindo.com, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate, Mariyam Arafah dalam membacakan sambutan ketua umum DWP Nasional mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina isteri Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan wajib bersyukur dan patut berbangga bahwa pada usia ke 19 tahun ini, telah menjadi sebuah organisasi perempuan yang besar, yang telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja organisasi secara terstruktur, sehingga mencapai kinerja seperti saat ini.

Meski demikian, Mariyam menambah, harus diakui bersama bahwa perkembangan organisasi DWP belum sesuai dengan yang diharapkan dan masih banyak hal-hal yang harus ditingkatkan terus untuk mencapai terwujudnya tujuan organisasi Dharma Danita Persatuan sebagai Center of Excellence.

“Sebagaimana yang tertuan dalam Rencana Strategis (Renstra) DWP Tahun 2015 – 2019, telah digariskan tahapan-tahapan peta jalan (road map) untuk membangun percepatan dalam upaya menyejahterakan anggota, keluarga dan masyarakat,” kata Mariyam.

Selain itu juga mendorong kaum perempuan Indonesia secara umum dan anggota DWP khususnya, untuk terus berkiprah dan berkarya dalam memberdayakan dirinya, mampu mandiri secara ekonomi dan berperan lebih luas untuk turut serta benggerakkan roda Pembangunan.

Kata dia, sebagai organisasi masyarakat perempuan yang besar di Indonesia, sudah seharusnya DWP mengambil peran strategis berperan aktif dalam Pembangunan Nasional. “Potensi DWP mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota sampai Kecamatan dan Kelurahan, menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan konstribusi penuh dalam menyukseskan program nasional,” tukasnya sebagaimana rilis yang disampaikan Humas Basarnas.

Lanjut Mariyam, seperti yang kita ketahui pada bulan Oktober 2018 yang baru lalu, DWP baru saja menyelenggarakan Seminar Nasional DWP 2018 dengan tema “Perempuan Berkualitas, Pelaku Politik Pembangunan Yang Cerdas”.

Seminar yang dibuka oleh Menteri PPPA, Yohana Yembise bersama Menteri Kesehatan RI Ibu Nila F. Moeloek tersebut dilanjutkan oleh Menteri Keuangan RI Ibu Sri Mulyani Indrawati sebagai pembicara kunci, telah menjabarkan bahwa fokus pembangunan Indonesia yang terpenting adalah pembangunan manusia. Secara khusus telah mempertegas perlunya perempuan yang berkualits mengingat betapa pentingnya peran perempuan dalam pembangunan nasional, dalam 3 (tiga) dasawarsa terakhir pengakuan dunia tahun pentingnya peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat.

“Oleh karena itu, apa yang telah kita capai saat ini, mari kita sama-sama menjaga agar kedepan DWP akan semakin lebih baik lagi,” tandasnya.

Mariyam juga berpesan kepada para anggota DWP, terkhususnya kepada DWP Basarnas Ternate agar selalu mendukung pekerjaan para suami. Karena peran para istri sangat penting dalam mendukung tugas-tugas kemanusiaan suami di Basarnas ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate, M Arafah yang juga sebagai penasehat DWP Basarnas menyampaikan selamat ulang tahun DWP yang ke-19, “semoga dengan bertambahnya usia ini Dharma Wanita Persatuan kedepan akan lebih baik dan tetap pertahanan apa yang telah dicapai sangat baik saat ini dan terus jaga kekompakan,” tuturnya.

Arafah juga mengatakan terkhususnya untuk DWP di lingkungan Basarnas Ternate agar selalu mendukung tugas dan pekerjaan para suami, karena peran istri sangat penting dlm pelaksanaan tugas suami. Acara diakhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Setelah selesai acara dilaksanakan, Dharma Wanita Persatuan Basarnas Ternate juga melakukan kegiatan dengan berkunjung ke Pantai asuhan At-Taqwa di Kelurahan Kalumata dan juga ke pantai jompo di Kelurahan Ubo Ubo Ternate untuk memberikan santunan kepada mereka.