Info Sindo
Info Sindo
Petugas GTMC Satlantas Polres Tegal Menunjuk Cara Mengoperasikan Layar Pantauan Lalu Lintas Terintegrasi Di Mapolres Tegal, Rabu, 20 Maret 2019

Slawi, Infosindo.com – CCTV Galawi Traffic Management Center (GTMC) yang dikelola Satlantas Polres Tegal bakal bertambah guna memperluas jaringan pantauan lalu lintas di Kabupaten Tegal.

Saat ini, CCTV yang terintegrasi sistem GTMC tersebar di 46 titik jalan utama Kabupaten Tegal.

Rencananya, akan mendapat tambahan CCTV untuk 50 titik baru, baik di Kabupaten Tegal bagian utara, tengah, maupun selatan.

“Bantuan 50 titik baru, rencananya akan diberikan Pemkab Tegal,” kata Kasatlantas Polres Tegal AKP M Adiel Aristo kepada awak media, Rabu (20/3/2019).

Menurut dia, pemasangan CCTV bantuan Pemkab Tegal itu ditarget rampung sebelum musim Mudik Lebaran 2019 mendatang.

Nantinya, 50 titik baru itu akan tersebar juga di wilayah Pantura dan selatan menuju Purwokerto.

“Pokoknya, di jalan-jalan utama yang ramai. Dengan bantuan itu, berarti GTMC akan tersebar di 96 titik. Nanti, ada juga di dalam tol,” tambah AKP M Adiel Aristo.

Selain dipersiapkan untuk menghadapi musim mudik, dia menjelaskan GTMC berguna juga untuk mengatur lalu lintas secara tersistematis.

Kemudian, ujar dia, untuk melakukan quick respon saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Rencananya, GTMC akan tersebar di 100 titik untuk tahun ini. Tapi yang baru aktif berjalan masih 46 titik sampai saat ini. Semoga, bantuan Pemkab Tegal bisa segera terlaksana untuk menghadapi musim mudik,” harapnya.

Perlu diketahui, sistem kendali GTMC itu ada di Mapolres Tegal dan dikelola langsung petugas Satlantas Polres Tegal.

Di sana, terpampang sejumlah layar yang menampilkan kondisi lalu lintas terkini di 46 titik tersebar Kabupaten Tegal.