Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan Adalah Kapolda Titisan Wali

Info Sindo : Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Luki Hermawan, M.Si

Surabaya, Infosindo.com -Nuansa tampak berbeda di wisata Religius makam Sunan Ampel waktu itu, kali ini Kapolda Irjen Luki Hermawan, M.Si dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol M. Iqbal, berziarah ke makam Sunan Ampel (Raden Rahmatullah), Di Jalan Pertukangan I, Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. Minggu (16/9/2018).

Dalam kunjungannya, Kapolda dan Wakapolda Jatim tersebut, disambut juru kunci makam Sunan Ampel. Masyarakat yang mengetahui kedatangan para rombongan orang nomor satu di Institusi Kepolisian Daerah Jatim ini,antusias menyambutnya dan saling berjabat tangan berebutan.

Sementara, Irjen Pol Luki Hermawan, Kapolda Jawa Timur menyampaikan, kegiatan ini merupakan kunjungan berziarah ke makam Sunan Waliyulloh yang terletak di Kota Surabaya,

“Kami bersama rombongan berziarah ke makam Sunan Ampel bertujuan untuk mencari keberkahan,” katanya didampingi Brigjen Pol M. Iqbal.

Ditambahkannya, Selain berziarah kedatangannya bersama rombongan juga ingin lebih dekat dengan masyarakat.

“Kita juga lebih mengenalkan diri kepada Masyarakat. Kami minta kepada seluruh warga agar bisa menjaga Kamtibmas yang Kondusif,” pungkas Mantan Wakabaintelkam Polri ini.

*Garis Keturunan Wali*

Sebuah fakta mengejutkan ternyata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, M.Si diketahui mempunyai garis keturunan dari Wali Songo, yakni Sunan Muria.

Hal ini terungkap dalam silaturahmi Kapolda Jatim dan para kiai serta ulama di kantor Nahdlatul Ulama (NU), Jalan Masjid Al-Akbar Surabaya, Selasa (11/9/2018).

Sunan Muria yang bernama Raden Umar Said merupakan Wali Songo penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Sekretaris NU Jatim, Akhmad Muzakki selaku pembicara dalam silaturahmi itu sempat berbincang membahas tentang sosok Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

“Kami memperoleh informasi Kapolda Jatim (Irjen Pol Luki Hermawan) keturunan Sunan Muria,” celetuknya.

Sedang Ketua NU Jatim KH Marzuki Mustamar yang duduk di samping Kapolda terlihat mengangguk tanda membenarkan informasi tersebut. Luki pun terlihat tersenyum.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dalam perbincangan santai di kantor NU menuturkan bahwa kakeknya mempunyai garis keturunan kesembilan dari Sunan Muria.

“Kakek saya keturunan kesembilan,” ungkapnya.

Namun, sayangnya ketika awak media menanyakan hal itu mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan (Wakabaintelkam) Polri ini tidak bersedia menjelaskan terkait silsilah keturunan Sunan Muria.

Luki mengungkapkan dirinya asli kelahiran Jawa Tengan dan istri asli Surabaya. Dia bahkan mengaku pernah menjabat Kasat Intelkam Polresta Malang pada 1992.

“Saya dulu juga sempat tugas di Madiun,” ungkapnya.

Pria berpangkat dua bintang di pundak ini menuturkan silaturahminya ini untuk mendekatkan diri kepada tokoh agama dan ulama yang notabene banyak pondok pesantren di Jawa Timur.

%d blogger menyukai ini: