Polres Ternate Terbitkan 5.417 SIM C

INFO SINDO
INFO SINDO : Suasana Pelayanan SIM Di Polres Ternate

TERNATE, Infosindo.com – Satuan Lalu Lintas (Sat-Lantas) Polres Ternate tercatat pada bulan Januari hingga Oktober 2018, telah menerbitkan sebanyak 5.417 Surat Izin Mengemudi (SIM) C baik itu pembuatan baru maupun perpanjangan.

Kanit Regiden Sat Lantas Polres Ternate, Ipda Irfan Firdaus mengatakan, pemohon pembuatan SIM C untuk pengendara kendaraan sepeda bermotor roda dua di tahun 2018 tercatat menurun, jika dibandingkan tahun 2017  yang mencapai mencapai 6.390.

“Penurunan ini belum diketahui penyebabnya, namun dikemungkinan belum ada kesadaran dari masyarakat saat akan berkenderaan. Sebab apabila karena berkendaran baik itu roda empat maupun roda dua itu perlu dilengkapi dengan surat-surat seperti SIM maupun STNK,” kata Irfan kepada KabarMalut, Minggu (28/10/2018).

Irfan menjelaskan, SIM adalah sebagai bentuk syarat kelayakan dari seseorang yang sudah berhak berkendaraan. Untuk itu, masyarakat harus segera membuat SIM.

“Masyarakat sebagain pada belum sadar, nanti apabila Operasi Zebra sudah dilakukan lalu masyarakat berbondong-bondong untuk membuat SIM,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini seperti terjadi pada saat Opearsi Zebra berlangsung bulan September lalu, masyarakat berbondong-bondang membuat SIM.

“Bulan lalu, kurang lebih 600 orang mengajukan permohonan pembuatan SIM, padahal normalnya dalam sebulan paling randah 500 orang,” kata Irfan Lagi.

Ia menghimbau kepada masyarakat apabila berkendaraan, sadar akan ketentuan hukum berlalu lintas.

“Lengkapi kendaraan anda seperti SIM maupun STNK serta pastikan kelengkapan surat anda sebelum berkenderaan,” terangnya.

Sebelumnya, data produksi tahun 2017 SIM baru 4.129, SIM perpanjang 2.226 kemudian SIM rusak sebanyak 41. Data produksi SIM tahun 2018 SIM baru 3.138, SIM perpanjang 2.246 kemudian SIM rusak sebanyak 33.

%d blogger menyukai ini: