INFO SINDO
INFO SINDO

Pasuruan, Infosindo.com -Tongkat estafet kepemimpinan di Mapolres Pasuruan, resmi berganti.

AKBP Raydian Kokrosono yang sebelumnya menjabat Kapolres Pasuruan, kini menjabat Wakil Direktur (Wadir) Lantas Polda Gorontalo. Jabatan Kapolres Pasuruan kini diemban oleh AKBP Rizal Martomo yang sebelumnya menjabat Kapolres Pasuruan Kota.

Momen pergantian pucuk pimpinan tertinggi tersebut diacarakan dengan dua kegiatan sekaligus, yakni tradisi pedang pora pada pagi hari dan malam resepsi pamit kenal, malam harinya.

Acara tersebut dilaksanakan pada Senin (12/11/2018), di mana untuk prosesi pedang pora dimulai pukul 08.45 WIB, di mana ratusan anggota  Polres Pasuruan menyambut kedatangan kedua pejabat plus istrinya, mulai dari pintu masuk sampai di Halaman Mapolres Pasuruan.

Dari pantauan di lapangan, prosesi pedang pora berjalan sekitar 15 menit. Begitu selesai, sejumlah personel TNI – Polri bersama-sama menarikan tari Tobelo, tari pergaulan khas daerah Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Tarian ini, umumnya sebagai bentuk keakraban dan kegembiraan, yang saat ini kerap dipertontonkan pada momen-momen, pisah sambut seperti yang terjadi di Mapolres Pasuruan kali ini.

Setelah tarian selesai dilakukan,  acara pun dilanjutkan pengenalan ruangan kerja di Polres pasuruan dan laporan kesatuan oleh Raydian kepada koleganya, Rizal Martomo.

Sedangkan pada malam harinya, Polres Pasuruan menggelar Resepsi Pamit Kenal yang dihadiri oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan, M Noor, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Burhan Fajari Arfian dan anggota Forpimda Kabupaten Pasuruan lainnya, para alim ulama dan ratusan undangan lainnya.

Bisa dibilang, malam pamit kenal tersebut sangat berkesan, lantaran acara begitu gayeng. Bahkan, Bupati Irsyad tak beranjak meninggalkan acara sampai larut malam.

“I Love You Pak Raydian. Sosok Kapolres Pasuruan yang baik sekali, sportif, inovatif dan humanis. Sama-sama hobi sepak bola, menyanyi, pokonya hampir sama semuanya. Saya sangat kehilangan sosok beliau. Semoga meskipun jauh, bisa datang lagi ke Kabupaten Pasuruan untuk sepak bola lagi,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Selama berkomunikasi, Pemkab Pasuruan dan Polres Pasuruan terus bersinergi dalam segala bidang. Salah satu contoh adalah saat Pilkada Serentak 2018, di mana Kabupaten Pasuruan sukses melaksanakan pesta demokrasi tanpa cacat. Dalam artian, tidak ada konflik yang muncul akibat ketidak puasan salah satu pihak. Kata Irsyad, Pemkab Pasuruan berterima kasih kepada POLRI, TNI dan seluruh elemen masyarakat yang sama-sama berkomitmen untuk mensukseskan pemilihan umum dengan jujur, adil dan bermartabat.

“Peran Kepolisian sangat penting bersama-sama TNI dan seluruh masyarakat untuk sama-sama menjalankan perannya masing-masing. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk Pak Raydian yang jempol dalam segalanya. Semoga kebersamaan ini tak akan hilang oleh waktu,” imbuhnya.

Sementara itu, Raydian berpesan kepada para personil Polres Pasuruan untuk memberikan dukungan penuh AKBP Rizal Martomo sebagai Kapolres Pasuruan yang baru, sama seperti yang diperolehnya semasa menjabat selama ini. Tak lupa, dirinya bersama keluarga menyampaikan pemohonan maaf bila ada kesalahan selama menjabat Kapolres Pasuruan mulai 2 Juni 2017 hingga terakhir menjabat.

“Kalau banyak salah yang saya perbuat bersama istri, mohon dibukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya. Semoga kita kembali dipertemukan dengan suasana yang lain,” ucap Raydian di hadapan para anggotanya.

Di sisi lain, acara pamit kenal dimeriahkan dengan penampilan tari kolaborasi Polwan dan Polri, penampilan By Pass Singer asuhan Ketua Bhayangkari Polres Pasuruan, serta ditutup dengan bintang tamu Piyu Padi. (Mursalin)