sat Lantas Cek Jalur Tol Di Ruas Slawi Untuk Persiapan Mudik

Anggota Turjawali Satlantas Polres Tegal Mengecek Tol Mulai Perbatasan Sidakaton Hingga Kendayakan, Kec. Warureja, Sabtu 26 mei 2018

SLAWI – Menjelang arus mudik dan Lebaran 2018, Satuan Lalu Lintas Polres Tegal (Satlantas) Polres Tegal mulai menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Antara lain dengan mengecek jalur tol Trans Jawa di wilayah Kabupaten Tegal, Sabtu (26/5) pagi.

Menggunakan mobil dan motor patroli, delapan personel Satlantas mengecek kondisi tol mulai perbatasan Brebes hingga Kendayakan, Kecamatan Warureja atau dari Km 270 hingga Km 300. ”Dari pengecekan yang dilaksanakan, secara umum jalan tol tersebut dilintasi kendaraan.

Rambu dan penerangan jalan ada. Untuk rest area yang disiapkan ada empat dari perbatasan Brebes sampai Kendayakan,” ucap Andi Susanto didampingi Kanit Kecelakaan Lalu Lintas Ipda Teguh Setiawan. Menurutnya, selain untuk mengetahui kesiapan tol Trans Jawa di Seksi III dan IV, kegiatan pagi itu juga sebagai upaya pengecekan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas di tol dan bisa ditangani dengan cepat.

”Kondisi saat ini sudah baik dan pekerjaan tinggal penyelesaikan akhir.” Di samping mengecek tol, Satlantas Polres Tegal juga telah merancang rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di Kabupaten Tegal di jalur pantura, tengah, dan selatan. Terpisah, KBO Lantas Polres Tegal Iptu Bambang Marsudiyanto mengemukakan, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan dengan menutup sebagian putaran untuk putar balik (U turn) kendaraan.

Penutupan ini bertujuan mengurangi potensi kemacetan selama arus mudik. ”Keberadaan U turn sepanjang pantura dari perbatasan Sungai Ketiwon, Kota Tegal hingga perbatasan Sungai Rambut, Kecamatan Warureja ada lima puluhan. Sekitar separuhnya akan ditutup untuk memangkas kesemrawutan arus pada saat puncak mudik dan balik Lebaran nanti,” ucapnya.

Menurut Bambang, U turn yang akan ditutup antara lain arah masuk Texin, depan SPBU Muri, Pasar Suradadi, dan Simpang Tiga Babadan. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pada saat arus mudik ataupun saat arus balik, Satlantas juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menerapkan lampu kedip (flashing) di dua titik traffic light, yakni di simpang tiga Larangan dan Pasar Suradadi.

”Kami sudah siapkan rambu, traffic cone, stick cone, water barrier, dan barikade untuk menutup U turn atau melakukan rekayasa pada U turn,” sebutnya. Dia menyebutan, Satlantas juga akan menyiapkan pos pelayanan di jalur pantura, tengah, dan selatan. Untuk pos pelayanan di jalur pantura ada tujuh pos pengamanan, yakni di Babadan, Pasar Sudaradi, Purwahamba Indah, Larangan, LIK, Texin, dan SPBU Muri.

Di jalur selatan pos pelayanan di Klonengan dan pos pengamanan di Pasar Kesambi. Sementara itu, di jalur tengah pos pengamanan didirikan di Pasar Pepedan, Kalimati, Kecamatan Slawi, Kaliratu Banjaran, Langon Timur, Terminal Dukuhsalam, dan simpang tiga Yomani, dan pos pelayanan di objek wisata Guci. ”Rencana di dalam tol juga didirikan pos, di rest area Penarukan Kecamatan Adiwerna, Lebeteng, Tarub, dan Cacabang,” tuturnya.

Menurut Bambang, rekayasa lalu lintas di jalur tengah akan dilakukan apabila terjadi penumpukan dari arah pintu keluar Kalimati ke Adiwerna dengan penutupan situasional. Kendaraan dari arah Purwokerto menuju ke Kota Tegal akan dilewatkan Langon Timur – Langon Barat – Jalur II Slawi.(H45-38,16)

%d blogger menyukai ini: