Satlantas Polres Madiun Kota Pasang Speed Alarm System Pada Bus AKAP

Info Sindo : Kasat Lantas Polres Madiun Kota AKP Affan Priyo Wicaksono

Madiun Kota, Infosindo.com -Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Tipe A Purboyo Madiun menjadi target pemasangan alatspeed alarm system. Peluncuran alat pengendali kecepatan itu dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Madiun Kota bersama Kementerian Perhubungan dalam hal ini Terminal Madiun. 

Kegiatan itu berlangsung Jumat (6/7/2018), yang dilepas langsung oleh Kepala Satlantas Polres Madiun Kota AKP Affan Priyo Wicaksono. Menurut AKP Affan, pemasangan speed alarm systemtersebut dilakukan menindaklanjuti instruksi Korlantas Polri yang bertujuan menekan angkakecelakaan lalu lintas.

“Dengan terpasangnya alat speed alarm system akan terkontrol kecepatan kendaraan bus oleh sopir yang sedang membawa penumpang, dan penumpang akan menegur langsung kepada pihak pengemudi jika kecepatannya sudah belebihi batas ketentuan,” tuturnya.

Untuk diketahui, sesuai dengan UU Nomor 2 tahun 2009 bahwa pengemudi ada batas maksimum kecepatan dan di kelas jalan ada aturan kecepatan maksimal yang diterapkan. 

Affan Priyo Wicaksono menjelaskan alarm terpasang di dekat pengemudi dan akan berbunyi apabila kecepatannya melebihi dari ketentuan maksimal yaitu 100 kilometer per jam.

“Artinya, jika sopir mengemudikan bus dengan kecepatan di atas 100 kilometer per jam akan muncul peringatan berupa suara yang keras dan didengar semua penumpang,” ucapnya.

Peringatan berulang terus-menerus jika pengemudi tidak segera mengurangi kecepatannya. Dengan demikian penumpang nantinya dapat mengontrol langsung kecepatan bus.

“Dengan adanya launching ini, harapan kami dari kepolisian dapat menekan jumlah kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan perusahaan otobus (PO) atau bus-bus yang melalui Kota Madiun,” tambahnya.

Dalam kegiatan peluncuran tersebut juga dilakukan demonstrasi dan sosialisasi fungsi alat kepada armada bus di terminal setempat.

%d blogger menyukai ini: