Info Sindo
Info Sindo

Jombang, Infosindo.com – Selain menindak bagi para pelanggar hukum, tiga satuan fungsi di Polres Jombang kompak bersinergi mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh masyarakat. Upaya pencegahan itu diantaranya memberikan himbauan untuk tidak melakukan pelanggaran lalulintas, tidak korupsi dan tidak menyalahgunakan Narkoba.

Sinergi tiga satuan fungsi yang digagas oleh AKP Moch Mukid, Kasat Resnarkoba itu bersama dengan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) dan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jombang. Menurut Mukid, selama ini belum pernah terjadi sinergitas seperti itu.

“Sat Resnarkoba bersinergi dengan Sat Reskrim dan Sat Lantas telah memasang sejumlah baliho dan banner di sejumlah titik strategis yang berisikan himbauan tertib lalulintas, menjauhi korupsi dan penyalahgunaan Narkoba,” terang AKP Moch Mukid kepada awak media Sabtu (2/2/2019).

Mukid menjelaskan, sejumlah baliho himbauan kini telah terpasang di sejumlah tempat, diantaranya di pertigaan Pos kota Jombang (Perempatan Jomplangan/Timur Stasiun Jombang), Terminal Kepuhsari Peterongan, Bundaran Ringin Contong dan tempat-tempat yang strategis yang bisa dibaca oleh masyarakat.

Ia mengungkapkan, gagasan sinergi himbauan itu untuk membangunan Zona Integritas (ZI) dalam rangka menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) Polres Jombang.

“Tentunya, himbauan itu sangat penting untuk menekan angka kecelakaan dengan tertib berlalu lintas, Menekan kasus korupsi dan menekan terjadinya penyalahgunaan Narkoba di Kota Santri ini,” ujar mantan Kasat Renarkoba Polres Ngawi ini.

Selama ini, lanjut Mukid, peredaran Narkoba dan Narkotika di Jombang cukup marak. Baik para pengguna maupun pengedarnya telah dibekuk dan dijebloskan ke penjara. Ironisnya, rata-rata, para pelaku penyalahgunaan Narkoba masih di usia produktif.

AKP Mukid menambahkan, sinergi yang dilakukan bersama satuan fungsi lainnya tersebut, tentunya tidak lepas dari motivasi dan arahan dari Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, SIK. Menurut dia, Kapolres selalu memberikan arahan untuk meminimalisir segala bentuk pelanggaran hukum di Jombang. Tidak hanya itu, Kapolres juga terus memberikan motivasi dalam setiap menjalankan tugas kepada anggota dan bawahannya.

“Sekali lagi, langkah yang dilakukan Polres Jombang ini salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan segala bentuk pelanggaran hukum. Terima kasih kepada Bapak Kapolres yang selalu mendukung dan memberikan semangat dalam menjalankan tugas kami,” pungkasnya.