INFO SINDO
INFO SINDO : Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra YAP
INFO SINDO
INFO SINDO

Balikpapan, Infosindo.com -Polda Kaltim melaunching Kampus Pelopor Tertib Lalulintas, di halaman Kampus Uniba, Jalan Pupuk Raya, Kamis (8/11/2018) pukul 08.00 wita.
Hadir dalam launching Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Subandriya SH MH, Rektor Uniba Dr Piatur Pangaribuan AMD SH MH, Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra, pimpinan Jasa Raharja Kaltim, Kadishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana dan pejabat lainnya.
Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Subandriya SH MH dalam sambutanya mengatakan, penyebab lakalantas ada empat faktor yakni manusia, kendaraan infrastruktur, dan faktor cuaca.
“Dari empat faktor ini salah satu yang dominan penyebab lakalantas adalah manusia. Seperti mahasiswa, karyawan dan siswa,” kata Subandriya.
Menurutnya, perlunya sosialisasi tentang keselamatan lalulintas di Kampus karena mahasiswa termasuk berisiko terjadi lakalantas.
“Makanya kami melakukan kampanye keselamatan lalulintas
di Kampus Uniba dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak, akunya.
Diakuinya kesadaran pengendara untuk berlalulintas di Balikpapan sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan 21 kali Kota Balikpapan meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN).
“Penghargaan WTN diberikan Pemerintah kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik,” terangnya.
Kendati kesadaran berlalulintas masyarakat sudah cukup baik, namun pengendara harus selalu diingatkan tentang tertib berlalulintas.
“Saya kira ini bagian dari pelayanan kami bagi masyarakat. Untuk itu, kami akan menempatkan mobil pelayanan SIM dan STNK Keliling di Kampus Uniba sehingga tidak perlu lagi ke kantor Samsat,” tandasnya.
Sementara itu, Rektor Uniba Dr Piatur Pangaribuan berharap dengan adanya sosialisasi ini mahasiswa Uniba semakin sadar dalam berlalulintas.
“Saya berharap dengan sosialisasi ini lakalantas akan menurun,” kata Piatur.
Piatur menuturkan, setelah sosialisasi tertib berlalulintas akan dilanjutkan dengan penindakan.
“Jadi saya kira sosialisasi ini sangat bagus agar mahasiswa semakin tertib berlalulintas,” pungkas calon anggota DPD Kaltim ini.
Di sela-sela launching dilakukan penandatangan MoU antara Dirlantas Polda Kaltim dan Uniba,
Pelantikan duta lalulintas dan patroli keamanan kampus serta diskusi kampanye keselamatan lalulintas yang menghadirkan sejumlah narasumber termasuk Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Subandriya SH MH dan Rektor Uniba Dr Piatur Pangaribuan AMD SH. (Mursalin)